Wednesday 26 June 2013

Jajanan di 90an

Jaman kecil dulu, jajanan jadi yang paling dinanti anak-anak waktu istirahat atau pulang sekolah. Banyak jajanan makanan dan minuman yang masih ada sampai sekarang, tapi ada juga yang udah ngga ada. Dan ternyata pas lagi searching ada juga yang jualan snack-snack jadul, loh. Gambar-gambar jajanan di bawah ini ada yang gw ambil di tokosnackjadoel. Nah jajanan di bawah ini hanya beberapa aja yang jadi favorit gw waktu itu.
  • Choki-choki
 Pic from tumblr
"Paaanjjjaaannnggg dan laaaammmmaaaa...." Gw masih inget banget voice over di iklan Choki-choki jaman dulu. Gambar iklannya menunjukkan seorang anak yang lagi asik banget ngemut Choki-choki. Daaannn....iklan itu selalu sukses ngebuat gw pengen makan Choki-choki. Damn! Harganya yang cuma cepek ngebuat Choki-choki jadi salah satu jajanan favorit gw di masa itu. Dengan harga cuma cepek, elo bisa dapet coklat pasta yang endang dan porsi yang cukup banyak. Makanya waktu liat Choki-choki jaman sekarang yang panjangnya cuma setengah dari sebelumnya, saya jadi rindu Choki-choki yang dulu. :D
  • Anak Mas
Pic from vemale
Anak Mas ini adalah mie kering yang dikasih bumbu. Ada dua macam bumbu, yaitu keju dan ayam. Anak Mas ini paling bikin nagih, mungkin karena MSG-nya itu ya...hehehe
  • Jeli Ager-ager yang kemasannya kayak Choki-choki
Beda dengan agar-agar yang biasanya ditao di cup, jaman 90-an ada agar-agar yang kemasannya di plastik kaya Choki-choki. Varian rasanya aneka buah. Rasanya ngga terlalu manis, tapi lumayan lah buat jajanan anak SD.
  • Wafer Superman
Wafer idola anak-anak 90-an dulu ya wafer ini. Kayaknya dulu belum ada Tango ya? Wafer ini ngga cukup kalo cuma makan satu aja, minimal dua lah. Walau wafernya tipis, tapi rasa coklat di wafer ini oke punya.
  • Coklat Ayam Jago
Pic from indonesiaindonesia
Kalo lagi ga ada Choki-choki, coklat ayam jago jadi pelampiasan gw kalo lagi pengen makan coklat. Walau coklatnya tipis, tapi lumayan lah dapet beberapa bar coklat.
  • Ager-ager Encer Abang Keliling
Harganya cuma Rp 50-Rp 100. Ager-ager encer ini dikasih sirup buatan (yang kayaknya dari pemanis buatan) diatasnya. Rasa agernya mah tawar. Tapi ager-ager ini jadi alternatif jajanan gw kala itu.
  • Es Potong
Abang es potong langganan gw adalah yang mangkal di sekolah. Variasi rasanya macam-macam, mulai dari kacang ijo, ketan item, nangka, coklat, stroberi. Paling enak kalo es potong ini dicelupin ke dalam coklat cair, jadi rasanya lebih manis. Hmmm pas banget dimakan kalo cuaca lagi panas-panasnya.
  • Lidi-lidian
Pic from kaskus
Kalo lagi pengen bengong, snack lidi-lidian jadi temen paling klop. Yang bikin rempong adalah kalo ada lidi-lidian yang nyangkut di gigi, hehehe.
  • Tic-tic
Pic from tokosnackjadoel
Snack ini mirip sama produk Chiki potato stick, yang juga udah ga diproduksi sekarang ini. Kalo kangen pengen makan Chiki potato stick, maka Tic-tic jadi andalan karena harganya yang cuma Rp 50 dan gampang didapetin di warung.
  • Cendol
Abang cendol langganan saya adalah Pakde (sebutannya) yang suka lewat di depan rumah. Setiap abis pulang sekolah pasti si Pakde selalu membunyikan ketokan kayunya dengan semangat. Saking seringnya beli cendol hampir tiap hari, si Pakde udah hapal kalo pesenan gw pasti pake ketan item yang banyak, sedangkan adek gw selalu pesen dengan es serut yang melimpah dari biasanya. Gula jawa asli yang dipakai sebagai pemanis membuat cendol Pakde ngga ada duanya.
  • Gula-gula yang bisa dibentuk
Pic from gedoor
Pasti masih pada inget dong kalo dulu ada gulali yang bisa dibentuk-bentuk jadi ayam, burung, bunga, terompet, dll, di abang-abang pikul yang suka mangkal di depan sekolah. Gula padat yang liat dengan warna hijau dan merah (biasanya) dikreasikan oleh si abang sesuai pesanan pembeli. Gw suka terkagum-kagum sama keahlian si abang-abang itu. Tapi sayangnya, sekarang ini gw udah ngga pernah liat lagi ada abang-abang yang jualan di depan sekolah. Ngga tau kenapa.
  • Rambut mak Lampir
Pic from yellashaki.wordpress
Sebenernya rambut mak lampir ini adalah gula-gula berbentuk serabut, tapi kalau di lingkungan main saya lebih dikenal dengan sebutan rambut mak lampir, karena serabut gula-gula ini mirip dengan rambut mak lampir yang acak-acakan. Hehehe. Biasanya rambut mak lampir ini dimakan bersama dengan kerupuk tipis warna pink yang harganya Rp 50 per keping.
  • Choyo-choyo
Pic from tokosnackjadoel
Setiap snack yang berbau coklat pasti selalu jadi idola gw (yes, I'm a chocoholic). Walau cup Choyo-choyo kecil, paling ngga bisa mengobati keinginan gw untuk menikmati coklat dengan gaya berbeda, hehehe. Yang jadi kebiasaan pas makan Choyo-choyo adalah jilatin cup-nya sampe tandas. :d
  • Permen karet Yosan
Paling hobi beli permen karet Yosan karena pengen ngumpulin alfabet yang ada di kemasannya. Sampai sekarang gw ngga pernah nemu huruf N, jadi gagal deh tu dapet hadiah dari Yosan.
  • Balon tiup
Pic from kaskus
Biasanya balon tiup jadi ajang lomba-lombaan sama sepupu untuk ngebuat balon tiup paling besar. Dan ngerasa oke banget kalo bisa niup balon di dalam balon. Beli balon tiup ngga cukup satu aja, karena untuk ngebuat balon tiup yang besar paling ngga butuh dua balon tiup.
  • Jagoan Neon
Permen ini sukses ngebuat lidah pemakannya berwarna. Warnanya macem-macem, ada biru, ijo dan merah, kalo ga salah. Abis makan Jagoan Neon, pasti anak-anak ini bakalan pamerin lidahnya ke orang-orang. Hehehe.

  • Permen dan minuman Sarsaparilla
Sarsaparilla ini rasanya agak-agak mirip sama root beer. Bedanya sarsaparilla lebih manis dan lebih ringan dari root beer yang agak mirip cola. Warna sarsaparilla ini juga keungu-unguan. Permen rasa sarsaparilla yang ngetren saat itu adalah Mr Sarmento. Selain itu, ada juga abang-abang yang suka jualan minuman Sarsaparilla dalam botol. Wuih, rasanya seger banget sarsaparilla itu, apalagi kalo pake es.

2 comments:

  1. Duuuuh yogieee gw lagi puasa niiiy... langsung ngeces deh liat lidi2an. Iman gw tipis banget ya? Hahaha....

    ReplyDelete
  2. Hahaha, 'set dah...masa ngeces sama lidi-lidian. Kalo puasa mah yang bikin ngeces itu es kelapa muda atau es buah, miaw..wkwkwk

    ReplyDelete